5 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan

5 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan

Dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dalam ruangan yang sehat dan nyaman, banyak orang mencari cara untuk mengatasi masalah polusi udara. Salah satu solusi yang ramah lingkungan dan efektif adalah menggunakan tanaman hias pembersih udara. Tanaman-tanaman ini tidak hanya mempercantik dekorasi rumah Anda, tetapi juga dapat membantu menyaring polutan udara dan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Berikut ini adalah lima tanaman hias yang dikenal sebagai pembersih udara dalam ruangan:

5 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan

  1. Tanaman Spider (Chlorophytum comosum)

Tanaman ini dikenal sebagai pohon pita atau ribbon plant, adalah salah satu tanaman hias pembersih udara yang paling populer. Spider efektif dalam menghilangkan berbagai polutan udara seperti formaldehida dan xylene. Tanaman Spider relatif mudah perawatannya, tahan terhadap cahaya rendah, dan memiliki daun yang cantik dengan garis-garis putih yang menarik.

  1. Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata)

Lidah Mertua adalah tanaman yang sangat kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan. Tanaman ini terkenal karena kemampuannya untuk menghilangkan berbagai polutan udara, termasuk formaldehida, benzene, dan xylene. Lidah Mertua memiliki daun panjang yang runcing dan berwarna hijau gelap, menjadikannya pilihan yang indah untuk dekorasi rumah.

  1. Areca Palm (Dypsis lutescens)

 

Areca Palm adalah tanaman hias yang besar dengan daun berbentuk lempeng dan warna hijau yang cerah. Selain memberikan sentuhan tropis pada ruangan Anda, Areca Palm juga efektif dalam menghilangkan formaldehida dan xylene dari udara. Tanaman ini memerlukan cahaya terang dan penyiraman yang cukup, sehingga cocok ditempatkan di ruangan yang terang.

  1. Kaktus (Cactaceae)

Kaktus adalah tanaman hias yang sangat tahan terhadap berbagai kondisi, termasuk kelembapan rendah dan cahaya yang terbatas. Meskipun kaktus tidak memiliki kemampuan sebesar beberapa tanaman lain dalam menghilangkan polutan udara, mereka tetap dapat membantu menyaring udara dengan cara yang sederhana. Selain itu, berbagai jenis kaktus juga menambah sentuhan eksotis dalam desain interior.

  1. Lavender (Lavandula spp.)

Selain memiliki aroma yang menenangkan, tanaman Lavender juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan polutan udara seperti asam benzena dan formaldehida. Anda dapat menempatkan potongan lavender di dalam ruangan untuk menikmati manfaat aromaterapi sekaligus meningkatkan kualitas udara.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *